Portal Kesehatan | Informasi Kesehatan | Menuju Indonesia Sehat

Alat Kesehatan

Termometer, Alat Pengukur Suhu Tubuh

September 23, 2012 by admin in Alat Kesehatan, Equipment, Featured with 0 Comments

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (tempratur) atau perubahan suhu, kata termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Termometer tubuh adalah termometer yang digunakan untuk mengukur perubahan suhu pada tubuh kita, berikut macam-macam termometer tubuh yang sebagian isinya saya kutip dari okezone.com

1. Termometer Digital

Termometer ini menggunakan sensor panas elektrik untuk mengukur suhu tubuh. Cara menggunakannya bisa diletakkan di mulutSindrom Mulut Terbakar . Read more … », ketiak maupun di anus.

Kelebihan:

a. Hasil pengkuran sampai desimal. Jadi cukup praktis dan hasil pengukurannya sangat cepat, hanya dalam hitungan detik saja suhu tubuh si kecil sudah bisa diketahui dengan ditandai dari bunyi sinyal elektronik.

b. Sama halnya dengan termometer raksa, termometer ini bisa digunakan di beberapa tempat, seperti mulut, ketiak, dan anus.

Kekurangan:

a. Selain lebih aman, cara penggunaannya lebih mudah dan praktis ketimbang menggunakan termometer raksa, sehingga tingkat pengukuran suhunya pun bisa diandalkan/lebih akurat.

b. Termometer digital harganya lumayan mahal dan sangat rentan terhadap udara lembap dan air.
c. Termometer digital menggunakan baterai sehingga jika baterainya sudah lemah atau pernah jatuh hasil pengukurannya sering meleset. Jadi untuk penggunaan termometer ini, sebaiknya periksa terlebih dulu sebelum memakai, serta jangan lupa mengganti baterainya secara berkala. 

2. Termometer TelingaSwimmer’s ear, Infeksi Telinga pada Perenang . Read more … » (Tympanic Thermometer)

Termometer telinga juga merupakan termometer digital. Cara menggunakan termometer ini dengan mengarahkannya ke dalam lubang telinga.

Kelebihan:

a. Pemakaiannya hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, berkisar dua sampai tiga detik.
b. Jika dipakai pada anak usia balitaBocah Meningitis Dikadoi Dua Kaki Palsu di Ulang Tahun Pertama. Read more … », pengukurannya dapat dilakukan dengan mudah serta akurat.

Kekurangan:
a. Harganya mahal.

b. Meski pada anak balita pengukurannya bisa dilakukan dengan mudah dan akurat, namun untuk anak bayiBayi Umur Dua Tahun Paling Menentukan Segalanya. Read more … » tidak begitu akurat. Selain itu, bayi berusia kurang dari tiga bulan tidak dianjurkan memakai termometer ini.

3. Termometer Raksa

Terdiri atas tabung gelas tertutup yang berisi cairan air raksa atau merkuri. Di tepi tabung terlihat garis-garis yang menunjukkan skala temperatur dan bila suhu meningkat, air raksa yang ada dalam tabung termometer akan naik. Titik di mana air raksa tersebut berhenti naik, menunjukkan berapa suhu tubuh.

Kelebihan:

a.  Harganya murah dan mudah didapat.

b. Pengukurannya akurat, sesuai dengan disain tabung kaca termometer ini, posisi ujung air raksa sebagai penunjuk derajatnya akan berada di posisi yang tetap kecuali kita menggoyang-goyangkannya secara kuat.

c. Pengukurannya bisa dilakukan di beberapa tempat, seperti mulut, ketiak dan anus.

Kekurangan:

a.  Termometer air raksa ini mudah pecah, jadi perlu hati-hati saat menggunakannya dan jagalah agar termometer air raksa tidak patah atau pecah. Kalaupun pecah, jangan sampai air raksanya terhirup atau termakan karena bersifat toksik alias racun bagi tubuh. Sebab itu pengukuran lewat mulut sama sekali tidak dianjurkan pada bayi maupun balita karena dikhawatirkan pecah lantaran digigit.

4. Termometer Inframerah

Kelebihan:

a. Merupakan termometer tercanggih saat ini serta paling akurat dan cepat.
Penggunaannya praktis, bisa digunakan di telinga atau jika pengukuran suhu digunakan secara terus-menerus, bisa disisipkan pada bagian tubuh. Hasilnya bisa dilihat dalam layar thermometer.

Kekurangan:

a. Harganya tergolong mahal.

b. Jika kondisi gendang telinga dalam keadaan kotor dapat menghalangi penyaluran gelombang panas pada sensor, sehingga akan mengganggu akurasi pegukurannya.

5. TERMOMETER DAHI

Termometer dahi bentuknya berupa strip/lembaran plastik yang tipis.

Kelebihan:
a. Praktis dan mudah digunakan, sebab penggunaannya hanya ditempelkan pada dahi si kecil.
b. Panelnya yang peka sehingga membuat suhu menjadi berubah warna sesuai temperatur tubuh.

Kekurangan:
a. Meski cara ini lebih mudah dan praktis, sayangnya tingkat akurasinya terbilang rendah, khususnya saat digunakan pada bayi dan balita. Moms perlu menambahkan kira-kira setengah derajat celcius pada bilangan yang terbaca.

 

 

 

Sumber artikel: Redaksi

Sumber gambar: healthypalm.com

Tagged ,

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pengunjung
092433
Visit Today : 299
Visit Yesterday : 0
Who's Online : 8
Twitter
Sample
Inspirasi Sehatmu
Kesehatan adalah hubungan antara Anda dan tubuh Anda.
by Terri Guillemets
Anda Mungkin Menyukaiclose