Portal Kesehatan | Informasi Kesehatan | Menuju Indonesia Sehat

Berita

Latihan Kardio dengan Naik-Turun Tangga

May 19, 2013 by adrian in Berita, Featured with 0 Comments

kardio-naik-turun-tanggaBelum mampu menjadi member di pusat kebugaran? Tak masalah. Anda bisa menggunakan apa saja kok, untuk berlatih kardio. Bahkan, Anda bisa menggunakan tubuh Anda sendiri sebagai beban, jika Anda berniat melakukan latihan kekuatan.

Ketika terjebak di dalam kantor pun, Anda tetap bisa berlatih kardio. Pelatih pribadi Matt Roberts menyarankan Anda untuk menyelinap ke tangga darurat. Lalu, lakukan latihan stair running atau stair climbing di sana. Anda bisa naik-turun di satu anak tangga saja dengan gerakan cepat, bergantian antara kaki kiri dan kanan (step up). Atau, Anda bisa menapaki tangga sambil berlari (atau berjalan) hingga ke lantai teratas gedung kantor.

“Dalam beberapa tahun terakhir, lari di tangga sudah menjadi demam di dunia fitnes. Ini tambahan paling cerdas dalam program latihan yang bisa saya pikirkan. Entah Anda pemula atau sudah terbiasa berlari, Anda bisa menggunakan tangga untuk membakar lemakOrang Asia Lebih Mudah Menyimpan Lemak . Read more … », meningkatkan kesehatanApa yang Terjadi Jika Anda Tidur Sambil Memakai Bra?. Read more … » jantungMakanan ini Merupakan Penyumbang Kalori Terbesar . Read more … », dan menguatkan otot-otot,” katanya.

Untuk melakukan latihan menggunakan tangga, inilah tipsHidup Sehat di Usia Tua dengan Teh Hijau. Read more … » dari Matt Roberts:

1. Coba Latihan Interval

Ini cara efisien untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda. Lari jarak pendek dengan intens bisa meningkatkan detak jantung, memperbaiki kemampuan tubuh mengatasi asam laktat, dan membantu daya tahan. Coba lakukan lari sprint saat mendaki tangga. Setelah itu, lakukan break sambil mendaki tanpa berlari. Setelah itu, lanjutkan kembali dengan berlari.

2. Latih Kekuatan Tubuh Bagian Bawah

Latihan ini harus dilakukan khususnya area glute (otot bokong) dan harmstring (otot paha belakang). Bagian otot inilah yang paling terasa saat Anda mendaki tangga. Awalnya memang akan terasa berat, namun meningkatkan kekuatan otot-otot ini akan membuatnya makin mampu dilatih dengan tingkat yang baik. Selingi dengan gerakan squat dengan satu kaki atau glutes bridge (berbaring sambil mengangkat bokong), atau deadlifts (mengangkat barbel dengan posisi seperti akan duduk atau squat).

3. Latihan Step Up

“Anda tak perlu berlari menapaki ratusan anak tangga untuk berlatih”, ujar Roberts. Latihan step up, atau menapaki satu anak tangga seperti di gym juga sangat mirip dengan mendaki tangga.

4. Kuatkan Otot Inti Anda

Mendaki tangga akan memaksa tubuh Anda untuk disangga dengan satu kaki pada satu waktu, sehingga otot-otot inti (dari perut atas, samping, dan bawah) dapat menstabilkan tubuh. Semakin kuat otot inti Anda, semakin cepat Anda mampu menaiki tangga.

5. Tambahkan Beban

Tambahkan beban dengan menggunakan ransel yang diberi pemberat, atau ankle weight (pemberat pergelangan kaki) saat mendaki tangga. Dengan beban yang lebih berat, detak jantung akan meningkat lebih cepat, dan kekuatan Anda akan meningkat. Beban yang lebih ringan membuat Anda berlari lebih cepat dan memperbaiki daya tahan. Sedangkan beban yang lebih berat akn membuat bagian harmstring dan glutes bekerja lebih berat untuk meningkatkan kekuatan.

6. Lompati Dua atau Tiga Anak Tangga Sekaligus

“Untuk latihan yang lebih intens, coba lompati dua atau tiga anak tangga sekaligus,” saran Roberts. Hal ini akan membuat otot-otot Anda dipaksa untuk menghasilkan semburan kekuatan, sehingga otot menjadi kuat lebih cepat.

 

 

 

 

Sumber berita: female.kompas.com dan redaksi

Sumber gambar: cache1.asset-cache.net

Tagged , ,

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pengunjung
089135
Visit Today : 18
Visit Yesterday : 452
Who's Online : 9
Twitter
Sample
Inspirasi Sehatmu
Kalau aku tahu aku akan hidup begitu lama, saya akan mengambil perawatan yang lebih baik untuk diriku.
by Leon Eldred
Anda Mungkin Menyukaiclose